twitter


Assalamu’alaikum wr. Wb.

Melihat kondisi musholla FMIPA yang berada di gedung G sekarang, nampaknya musholla tersebut kurang terawat dengan baik tidak seperti musholla-musholla yang ada di fakultas lain. Hal tersebut dimungkinkan karena kurangnya kepedulian para mahasiswa FMIPA dalam menjaga dan merawat kebersihan musholla tersebut. Padahal kita sebagai umat islam harus senantiasa menjaga kebersihan tempat ibadah kita,karena kebersihan tempat ibadah maupun pakaian sholat merupakan salah satu syarat sahnya sholat.

Sebagai mahasiswa yang peduli terhadap lingkungan,alangkah baiknya jika kita menjaga dan merawat musholla yang ada,misalnya saja dengan membersihkan musholla setiap hari secara bergilir,merawat peralatan-peralatan yang ada di musholla,dll. Agar musholla tampak bersih dan indah.

Berikut adalah rancangan yang telah saya buat untuk mengupayakan agar musholla selalu terlihat bersih, indah, dan peralatannya pun nampak rapi:
• Di dalam musholla diberi almari untuk tempat buku-buku sebagai sarana perpustakaan, yang mana buku-bukunya mencakup Al-Qur’an berserta terjemahannya, tafsir atau hadits, buku tentang kehidupan para remaja yang dilandasi dengan ajaran Islam, buku agama yang bias dipakai sebagai buku panduan mata kuliah agama, buku tentang cara sholat, dll.
• Diberi almari kecil untuk tempat mukena, sehingga mukena bias tertata dengan rapi dan penjadwalan bagi pengurus fosif dalam pencucian mukena setiap minggunya atau setiap dua minggu sekali agar mukena tetap bersih.
• Di sekeliling dinding musholla diberi semacam tulisan-tulisan tentang do’a-do’a sholat atau yang lainnya.
• Dibentuk jadwal piket bagi pengurus fosif untuk membersihkan musholla tiap harinya dengan waktu mengambil jam kosong bagi para petugas piket.

Demikian mini design yang telah saya buat, saya berharap apa yang telah saya tulis bisa menjadi pertimbangan untuk kedepannya demi terwujudnya sebuah musholla yang nyaman ketika digunakan untuk sholat. Terimakasih………

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Syukron wa ‘afwan. . . . .

1 komentar:

  1. sarannya bagus2 sekali mas2, mbk2...
    skrng untuk masalah kebersihan musolla sudah dibagi jadwal piket antara Fosif dan Ibnu Muqlah matematika, untuk tabir dan jam digital spt yg disebutkan di atas... kita masih butuh dana... dan permasalahan saat ini adalah: kotak amal sering kebobolan dan bahkan sekarang kotak amalnya juga hilang... mohon sarannya.. Syukron

Posting Komentar

Jam berapa ya?