twitter


Mushola mipa merupakan mushola yang sering dikunjungi oleh para mahasiswa muslim ITS terutama mahasiswa-mahasiswa yang kuliah dekat dengan mushola tersebut. Mushola yang sangat sederhana tetapi banyak pengunjung tersebut sangat memperhatinkan,terutama pada bidang kebersihanya sangat tidak diperhatikan dan tempat wudu yang airnya sering mati. Selain itu pintu mushola yang sangat kecil dan posisi saf harus sangat diperhatikan,contohnya ketika jamaah laki-laki akan masuk mushola dan bersamaan dengan jamaah perempuan maka hal tersebut harus berdesakan dan seharusnya pintu masuka tersebut dibedakan.

Permasalahan-permasalahan pada paragraf pertama tersebut harus segera diselesaikan,akan ada dua persoalan yang akan masuk dalam mini desain saya,yaitu anggota pengurusan mushola dari masalah kebersihan sampai infaq dan perubahan struktur bangunan dan saf yang ada di mushola mipa. Untuk masalah pertama,pengurus fosif harus membentuk kepengurusan khusus untuk pengontrolan di dalam internal mushola MIPA dalam hal kebersihan,perlengkapan dan dana. Anggota fosif relatif sedikit,hal tersebut dapat diatasi dengan double kepengurusan selain masuk dalam mengurus fosif anggota tersebut juga dapat mengurus mushola ataupun dibentuk suatu departemen sendiri untuk hal tersebut. Pada masalah kedua merupakan perubahan konsep posisi pada mushola MIPA. Yang dirubah dalam hal ini antara lain pintu masuk yang sehrusnya dibagi dua,antara jamaah laki-laki dan jamaah perempuan,masalah tersebut dilakukan dengan cara pembagian pintu masuk yang besar menjadi dua bagian. Masalah saf dirubah dari pembatasnya,pada mushola yang sekarang pembatas berada di samping jamaah laki-laki,dan menyebabkan ketika jamaah putri akan keluar mushola dan bersamaan itu pula jamaah laki-laki masih berlangsung maka jamaah putri tersebut harus menunggu ketika akan keluar. Hal tersebut dapat diselesaikan dengan cara pembatas tersebut berada di belakang jamaah laki-laki,dengan aplikasi kerja kita tarik garis lurus dari pintu pembatas tersebut sehingga untuk masalah keluar masuk tidak akan menggangu jamaah. Untuk masalah yang kedua sebaiknya dimusyawarahkan bersama dengan forum islam yang ada di MIPA.

Demikian mini desain mushola MIPA saya jika saya masuk dalam kepengurusan fosif. Sebelum dilakukannya mini desain saya,akan dimusyawarahkan untuk mendapatkan kesepakatan bersama

0 komentar:

Posting Komentar

Jam berapa ya?